Warung Bebas

Thursday 27 October 2011

Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat

Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat.Bismillah...sobat-sobat semuanya melanjutkan postingan kita yang terakhir yaitu makanan pengganti ASI maka pada hari ini kita akan memposting juga tentang hal yang berkaitan dengan kesehatan anak kita yaitu Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat .

Menolak keinginan anak untuk membeli jajan hampir sulit.Ini berarti orang tua seperti kita harus benar-benar bisa memilih jajan yang tepat agar kesehatan anak tidak terganggu.Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa jajanan yang banyak dijual di sekolah mau pun disekitar rumah tidak selalu sehat.Pasalnya, kebersihan dan keamanannya tidak dapat terjamin.Hal ini membawa resiko kesehatan bagi anak-anak kita.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua seperti kita agar anak-anak kita terhindar dari resiko seperti itu.
Berikut adalah tips mengajarkan anak memilih jajanan sehat yaitu :

A. Dengan selalu menyediakan jajanan atau penganan sehat bagi anak.
Disini orang tua harus mampu memilih jajanan yang benar-benar sehat bagi anak.Ada lima tips yang dapat menjadi panduan orang tua.Lima tips tersebut adalah
  1. Memastikan jajanan yang dipilih aman untuk dikonsumsi anak yakni aman karena dibuat secara higienis dan telah dibuktikan lewat tes laboratorium.
  2. Camilan tidak boleh memiliki rasa yang berlebihan, warna atau pun rasa yang berlebihan, warna maupun bau yang menyengat.
  3. Orangtua harus memastikan camilan yang dipilih memiliki label bertuliskan snack aman tidak mengandung monosodium glutamat atau (MSG).
  4. Pilihlah jajanan atau snack dengan kemasan yang tertutup rapat dan tidak tembus pandang.
  5. Pastikan snack atau jajanan untuk anak tidak mengandung bahan kimia berbahaya.Jika ragu, pilihlah snack siap saji dari produsen terpercaya.

B. Orangtua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajanan yang aman,salah satunya adalah dengan membawakan bekal yang dipilih dan disiapkan sendiri oleh orang tua.Orang tua juga dapat menunjukkan kepada anak-anak tempat-tempat yang higienis dan sehat untuk membeli makanan, misalnya di kantin sekolah yang memenuhi syarat kebersihan.

Disamping itu, ajarkan kepada anak tips memilih jajan sehat seperti yang telah disebutkan di atas.Jika ini dilakukan sejak dini, kelak anak akan lebih selektif dalam memilih jajanan.
Sampaikan juga kepada anak-anak kita bahwa jajanan yang tidak sehat dapat merugikannya, misalnya anak akan sakit sehingga nantinya tidak dapat mengikuti kegiatan yang diinginkannya.

Hal yang paling penting adalah, orang tua seperti kita adalah memberikan contoh konkret dalam memilih jajanan sehat,Cara ini lebih mudah tertanam ketimbang sekadar menyampaikannya secara lisan.

Terima kasih sahabat telah membaca artikel mengenai tips mengajarkan anak memilih jajanan sehat . Semoga artikel tips mengajarkan anak memilih jajanan sehat ini bisa berguna serta bermanfaat.

0 comments em “Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger