Warung Bebas

Sunday 25 December 2011

Mengapa Pasang Stent

Mengapa Pasang Stent.Mungkin masih banyak masyarakat yang mengira jika penanganan penyakit jantung koroner hanya bisa dilakukan dengan tindakan operasi.Namun dalam perkembangannya, untuk mengatasi sumbatan pada pembuluh darah jantung tidak selamanya melalui pembedahan.Salah satu metoda yang digunakan adalah percutaneus coronary intervention.

Sekarang sudah ditemukan stent yang lebih mutakhir yang bersalutkan obat, sehingga kemungkinan terbentuk karat lemak ditempat yang sama, jauh lebih kecil.Pada prinsipnya, tidak ada pembatasan jumlah stent yang yang dipasang pada pembuluh darah jantung.Akan tetapi, jika dalam pemeriksaan kateterisasi terdapat sumbatan yang terjadi dalam pembuluh darah koroner lebih dari tiga lokasi atau pada tempat yang sulit dan tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan stent maka solusi terakhir yang disarankan adalah melalui Operasi By-Pas Koroner.

mengapa pasang stent, mengenal stent, pemasangan stent


Pemasangan stent bisa dilakukan pada pembuluh darah jantung dengan sumbatan yang mencapai 100%. Namun,tidak semua sumbatan total tersebut dapat diatasi dan ditangani dengan pemasangan stent.Misalnya pada kondisi sumbatan pembuluh darah koroner yang mengalami pengapuran yang terlalu keras dan panjang yang biasa disebut dengan CTO ( Cronik Total Ocklusion ) maka operasi By Pass lebih dianjurkan.

Penggunaan stent ini harus juga disesuaikan dengan kebutuhan.Bila penyumbatan koroner tersebut diderita oleh pasien yang tidak memiliki riwayat penyakit Diabetes Mellitus, maka dipasang stent yang biasa.Akan tetapi bila sumbatan tersebut diderita pasien dengan mempunyai riwayat penyakit gula / DM maka akan disarankan penggunaan stent yang berlapis obat (eluted) atau dalam dunia medis dikenal dengan nama DES ( Drug-Eluting Stent ).Pemasangan stent berlapis obat ini dilakukan pada penyempitan pembuluh darah koroner yang panjang maupun penyumbatan total.

Diharapkan dengan pemasangan stent ini maka aliran darah koroner yang mengalami penyumbatan ataupun penyempitan akan kembali normal sehingga pasien jantung koroner yang telah dipasang stent ini akan bisa beraktifitas seperti sedia kala sebelum sakit.Walaupun yang tidak kalah penting setelah pemasangan stent ini adalah kembali dalam pola hidup serta pola makan yang sehat kembali.

Demikian yang sedikit sobat dan terima kasih telah membaca artikel mengapa pasang stent. Semoga artikel mengapa pasang stent ini bisa berguna serta bermanfaat.

0 comments em “Mengapa Pasang Stent”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger