Warung Bebas

Friday 6 January 2012

Penyebab Anak Tidak Suka Corat-Coret


Penyebab Anak Tidak Suka Corat-Coret.Sejatinya, aksi corat-coret dimulai di usia batita.Kita bisa melihat ketika anak berusia sekitar 16 bulan dan ketika si kecil sudah mulai menggenggam alat tulis seperti pensil,krayon maka si kecil akan akan langsung memainkan alat tulis yang digenggamnya untuk mengeksplorasi kemampuan dirinya untuk mencorat-coret apapun yang digenggamnya karena memang hal ini sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Karena corat-coret dilakukan oleh kebanyakan batita, maka ayah dan bundanya perlu menelisik jika anaknya tidak suka melakukan aktivitas corat-coret ini, bahkan tidak tertarik dengan pensil warna atau kertas yang disodorkan kepadanya.

penyebab anak tidak suka corat-coret,anak tidak suka corat-coret

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak tidak suka corat-coret, dan diantaranya yaitu :

1. Motoriknya belum berkembang.
Selama batita dan buah hati kita sudah bisa melempar, menjatuhkan, menuang benda-benda kecil disekitarnya maka orang tua tidak usah khawatir.Berarti hal ini tidak ada masalah dengan otot bahu yang digunakan untuk digunakan untuk menggerakkan lengannya sebagai dasar menggenggam alat tulis.Tapi kalau kemampuan tersebut belum dikuasai oleh batita, ada baiknya sebagai orang tua kita untuk dibawa ke Dokter anak untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar nantinya tidak menghambat perkembangan berikutnya yaitu seperti menggenggam alat tulis.

2. Lingkungan tidak mendukung.
Kalau kemampuan diatas tidak masalah, bisa jadi lingkungan yang kurang mendukung.Orang dewasa di rumah tidak memberi contoh bagaimana asyiknya menggambar atau pun menulis sehingga anak tersebut tidak tertarik untuk mencoba dan mengeksplorasi dalam hal menggambar ataupun menulis.

3. Tunggu waktu.
Kalau dalam hal motoriknya baik dan juga dalam hal lingkungan keluarga dan lingkungan terdekat juga telah mendukung, tetapi bila batita belum juga tertarik sebagai orang tua kita tidak usah terlalu khawatir ataupun panik.Bisa jadi si anak tersebut sedang menunggu waktu yang tepat.Yang menjadi point penting adalah bahwa tingkat tumbuh dan berkembangnya setiap anak-anak berbeda-beda.yakin dan percayalah, jika tiga hal yang telah disebutkan diatas tidak ada masalah.Maka si anak akan mencorat-coret dan bersiaplah dinding serta perabotan rumah kita akan menjadi korban eksplarasi si kecil....

Demikian yang sedikit sobat dan terima kasih telah membaca artikel penyebab anak tidak suka corat-coret. Semoga artikel penyebab anak tidak suka corat-coret ini bisa berguna serta bermanfaat.

0 comments em “Penyebab Anak Tidak Suka Corat-Coret”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger