Warung Bebas

Friday 30 March 2012

Mengenal Dan Mencegah Hepatitis

Mengenal Dan Mencegah Hepatitis.Penyakit hepatitis adalah segala hal bentuk peradangan yang menyerang organ tubuh yang disebut dengan hati ataupun liver.Hepatitis sendiri terbagi dengan Hepatitis A,B, dan C.Dan di Sehat Kita Semua ini akan sedikit membahasnya mengenai mengenal dan mencegah hepatitis
Secara umum, ada beberapa pemicu timbulnya hepatitis, antara lain :
  • Virus (hepatitis A,B,C).
  • Gangguan metabolisme.
  • Efek samping konsumsi obat-obatan.
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Penyakit autoimun.
  • Hingga faktor lemak yang berlebihan (obesitas)

Mengenal hepatitis,mencegah hepatitis,hepatitis,Sehat KIta Semua

Hepatitis terbagi menjadi :
  1. Hepatitis A. Di Indonesia, hepatitis A merupakan hepatitis yang masih sering mewabah an umumnya terjadi di daerah yang kurang terjaga higienitas dan juga sanitasinya.Hepatitis ini menular melalui makanan dan minuman yang tercemar kotoran penderita Hepatitis A.Selain itu, seseorang juga beresiko terkena penyakit hepatitis A jika ia memiliki kebiasaan jajan makanan dan minuman di sembarang tempat.
  2. Hepatitis B. Hepatitis ini merupakan masalah yang paling serius dapat ditimbulkan oleh virus hepatitis.Seseorang yang terpapar hepatitis B (VHB) beresiko untuk mengalami serosis (pengerutan hati) dan kanker hati.Virus ini menular melalui kontak seksual, terkena cairan tubuh yang terinfeksi, serta dari ibu kepada janinnya.
  3. Hepatitis C. Sama seperti hepatitis B, virus hepatitis C merupakan penyebab utama hepatitis akut dan penyakit hati kronis.Cara penularannya adalah melalui media darah, misal transfusi dan berbagi jarum suntik yang sama dengan pengidap hepatitis C.
Di masyarakat kita pada umumnya, banyak juga yang mengenal hepatitis dan menyebut hepatitis dengan istilah penyakit kuning.Hal ini karena gejala fisik yang tampak pada pengidap Hepatitis adalah kuku, kulit serta bagian putih mata berwarna kuning.Air seni nya pun berubah menjadi gelap seperti teh.

Mencegah Hepatitis
pun berbeda-beda tergantung dengan cara penularannya.Untuk hepatitis A, misalnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai membuang air besar ataupun air kecil guna menghambat penularan VHA, menjaga kualitas air minum, serta membuat tempat sanitasi yang baik.

Dan untuk mencegah penyakit hepatitis B dan juga C adalah dengan melakukan hubungan seks yang aman dan sehat, menggunakan pelindung bagi pekerja yang pekerjaannya berkaitan dengan darah (petugas lab, perawat, petugas kesehatan).

Dan tehnik pncegahan lainnya yang dapat kita lakukan adalah dengan meakukan vaksinasi atau pun imunisasi.Karena dengan vaksinasi tersebut akan menghasilkan antibodi atau zat kekebalan tubuh yang berguna dalam mencegah penularan virus.

Demikan tadi sahabat mengenai mengenal dan mencegah hepatitis dan semoga bermanfaat.

0 comments em “Mengenal Dan Mencegah Hepatitis”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger