Warung Bebas

Wednesday 24 October 2012

Diabetes Melitus DM

Diabetes Melitus DM - Penyakit Diabetes Melitus DM Salah satu penyakit yang sulit untuk bisa dideteksi sejak dini adalah penyakit diabetes mellitus ini. Penyakit DM adalah jenis penyakit yang diakibatkan adanya gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tingginya kadar gula dalam darah ini karena kurang maksimalnya pemanfaatan gula oleh tubuh sebagai sumber energi dan juga disebabkan karena kurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal. Demikian pengertian diabetes mellitus (DM) dari rekan blogger Portal Kesehatan. Untuk itu dalam masyarakat kita pada umumnya penyakit ini juga biasa disebut atau penyakit gula(Kencing Manis).

Diabetes Melitus DM

Diabetes Melitus DM adalah sebuah keadaan dimana terjadi hiperglikemia kronik disertai dengan berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang hal ini menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada organ tubuh seperti mata, ginjal, saraf, dan pembuluh darah, disertai lesi pada membran basalis dalam pemeriksaaan dengan mikroskrop elektron. Secara etiologi, diabetes melitus terbagi menjadi dua kategori, yaitu Diabetes Melitus Tergantung Insulin (DTMI) yang disebabkan oleh destruksi sel Beta pada pulau Langerhans akibat proses autoimun, serta Diabetes Melitus Tidak Tergantung Insulin (DMTTI) yang disebabkan karena kegagalan relatif sel Beta dan resistensi insulin.

Penyebab Diabetes Mellitus ini adalah karena faktor-faktor sebagai berikut :
  1. Faktor Keturunan. Bila orang tua mempunyai riwayat penyakit DM maka sang anak akan kemungkinan besar juga mengidap penyakit kencing manis pula. Para ahli diabetes telah sepakat menentukan persentase kemungkinan terjadinya diabetes karena keturunan. Jika kedua orang tuanya (bapak dan ibu) menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 83%. Jika salah satu orang tuanya (bapak atau ibu) adalah penderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 53%. Sedangkan jika kedua orang tuanya normal/tidak menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 15%.
  2. Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan tidak diiringi dengan aktifitas olahraga maka akan bisa menyebabkan terjadinya diabetes (DM) ini. Jika kita makan terlalu banyak karbohidrat, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk gula dalam darah (glikogen). Jika hal ini berlangsung setiap hari, maka dapat dibayangkan besarnya penumpukan glikogen yang disimpan dalam tubuh. Inilah pemicu awal terjadinya tanda dan gejala tanda diabetes.
  3. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Manis. Terlalu banyak makan hal-hal yang manis dan bahan-bahan makanan yang manis akan bisa menjadi faktor pemicu terjadinya diabetes melitus ini. Apalagi jenis makanan sekarang banyak pula yang memakai pemanis makanan yang bila kadarnya berlebihan bisa juga membahayakan kesehatan kita juga.
Faktor resiko Diabetes Melitus DM ini diantaranya yaitu :
  1. Kelompok usia dewasa tua 40 tahun.
  2. Obesitas, tekanan darah tinggi.
  3. Riwayat keluarga diabetes melitus.
  4. Kehamilan dengan berat badan lahir bayi 4000 gr.
  5. Riwayat Diabetes Melitus pada kehamilan.
  6. Dislipidemia.
Marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan kita ini sehingga bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus ini dan tentunya juga dengan menjalankan serta menerapkan pola hidup yang sehat pula.


0 comments em “Diabetes Melitus DM”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger