Warung Bebas

Sunday 28 October 2012

Tanda Diabetes Melitus DM

Tanda Gejala Diabetes Melitus DM Setelah kemarin mengupas sedikit mengenai Penyakit Diabetes Melitus maka kita melangkah selanjutnya mengenai mengenal tanda gejala penyakit diabetes melitus ini secara lebih spesifik sehingga kita bisa mengetahui gambaran akan penyakit DM kencing manis ini secara lebih mendetail lagi.

Kita bisa mengeali akan tanda-tanda diabetes mellitus ini melalui tanda-tandanya yang khas. Kita dapat mengenali tanda-tanda kencing manis bila seseorang tersebut terkena akan penyakit kencing manis ini. Tanda-tanda ada yang khas dan juga ada yang umum. Tanda khas DM sering dikenal dengan Trias DM seperti halnya poliphagia, poliuria, polidipsia.


Tanda diabetes melitus ini diantaranya yang dapat kita kenali yaitu :
  1. Poliuria (Sering Buang Air Kencing). Mengapa poliuria ini sering terjadi pada penderita diabetes karena adanya gangguan dalam produksi insulin tentunya. Karena titik berat gangguan pada pasien kencing manis adalah gangguan insulin ini. Jika insulin (insulin adalah hormon yang mengendalikan gula darah) tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. Kemudian hal ini akan menyebabkan ginjal menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini membuat kandung kemih cepat penuh dan hal ini otomatis akan membuat para penderita DM akan sering kencing buang air kecil.
  2. Polidipsia (Sering Merasa Haus). Keinginan untuk sering minum karena adanya rasa haus banyak terjadi pada pasien dengan diabetes melitus ini. Karena memang adanya juga gangguan hormon serta juga efek dari banyak kencing diatas, maka penderita akan sering merasakan haus dan ingin untuk sering minum. Dan ini salah satu ciri diabetes mellitus (DM)
  3. Poliphagia (Kelelahan Kelemahan). Para penderita penyakit diabetes mellitus akan juga merasakan bahwasannya tubuhnya akan sering dan sepat merasa lemah. Hal ini salah satu penyebabnya adalah produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan dengan semestinya dan juga optimal. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang dengan kencing manis akan merasa cepat lelah.
  4. Berat Badan Akan Cepat Menurun. Tanda DM ini terutama akan dirasakan oleh para penderita diabetes tipe 1 ( yang disebabkan karena faktor genetik). Pankreas pada penderita diabates berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang membuat tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Akibatnya tubuh akan kesulitan mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa. Kemudian tubuh mengadakan adaptasi dengan cara mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat
  5. Tanda-tanda Neuropati. Tanda-tanda neropati pada pasien dengan DM yang seringkali dirasakan adalah kesemutan di kaki dan tangan. Hal tersebut terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi akan merusak sistem saraf. Pada penderita diabetes tipe 2 kejadiannya secara bertahap, dan orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi kemungkinan telah terjadi beberapa tahun sebelum seseorang itu mengetahui bahwa dirinya telah terkena DM. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa pengetahuan para penderita kencing manis ini.
  6. Kulit Kering dan bila terjadi luka akan lama proses penyembuhannya. Bila diperhatikan maka para pasien dengan DM mempunyai ciri khas yang ada pada kulitnya yaitu kulitnya akan cenderung kering dan bila sering menjumpai pasien DM hal ini akan mudah dikenali akan tanda DM ini. Satu lagi bila pada tingkat lanjut para penderita DM akan diberikan pengetahuan dan juga pendidikan kesehatan agar mengurangi kemungkinan terjadinya luka pada bagian tubuh. Karena bila telah terjadi luka, maka penyembuhan luka lama dan juga kerapkali bisa menyebabkan organ yang luka bisa diamputasi pada keadaan dan situasi tertentu. Untuk itu pendidikan kesehatan bagi penderita DM juga penting dalam hal mencegah dan juga mengatur kadar gula darahnya.
Demikian beberapa tanda dan ciri diabetes melitus dan gejala-gejala bila seseorang terkena akan penyakit diabetes melitus ini.

0 comments em “Tanda Diabetes Melitus DM”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger