Warung Bebas

Monday 1 October 2012

Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Manfaat Menyusui Bagi Ibu - Manfaat Menyusui Bagi Ibu Salah satu kewajiban seorang ibu dalam kaitannya hubungan antara ibu dan anak adalah menyusui. Proses setelah para orang tua baik ayah ibu dalam hal persiapan menjelang kelahiran dan juga proses persalinan, hal satu lagi yang mesti dilakukan seorang ibu adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada anak-anaknya.

Bulan-bulan pertama kelahiran bagi seorang bayi hendaknya hanya diberikan ASI saja, tanpa tambahan makanan yang lainnya. Hal ini dikenal dengan pemberian ASI Eksklusif. Karena banyak pula manfaat pemberian ASI Eksklusif itu sendiri. Asi Eksklusif adalah adalah pemberian ASI dari seorang ibu kepada bayinya sampai dengan 4-6 bulan pertama tanpa tambahan makanan apapun. Jadi hanya diberikan ASI saja selama 4-6 bulan tanpa tambahan seperti susu formula, madu, air putih, sari buah, biskuit atau bubur bayi. Demikian kurang lebih pengertian ASI eksklusif. Setelah bayi kita melewati umur 6 bulan baru kita kenalkan akan makanan tambahan bagi bayi yang dikenal pula dengan makanan pendamping ASI MP ASI.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Kewajiban menyusui dalam Islam ini juga telah Allah Ta'ala firmankan dalam salah satu ayatNya yaitu : "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." [QS. Al Baqarah 233]

Selain memang dianjurkan oleh agama mengenai pemberian ASI ini, manfaat pemberian ASI bagi ibu / manfaat menyusui bagi ibu. Berikut ini adalah manfaat pemberian ASI diantaranya yaitu :
  1. Menjalankan salah satu perintah Allah Ta'ala yang tertuang dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat ke 233 mengenai kewajiban memberikan ASI atau kewajiban menyusui bagi ibu.
  2. Bila menyusui ini segera dilakukan setelah kelahiran bayi atau dikenal dengan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) maka hal ini bermanfaat pula untuk mengurangi resiko terjadinya perdarahan pasca melahirkan dan itu terjadi secara alamiah.
  3. Menyusui bagi ibu hamil akan menekan resiko depresi pasca kelahiran. Dan hal ini adalah berdasarkan hasil sebuah penelitian dari Australian study.
  4. Dengan menyusui setidaknya dalam pemberian ASI eklusif selama 6 bulan maka hal ini akan bermanfaa bagi sang ibu dalam hal mengurangi penambahan berat badan. Karena dalam masyarakat kita setelah melahirkan ibu hamil akan bertambah berat badannya dan dengan menyusui ini akan mengurangi hal tersebut.
  5. Manfaat menyusui bagi ibu lainnya adalah bahwa keadaan rahim ibu menyusui akan lebih cepat kembali atau recovery ke dalam kondisi semula daripada yang tidak menyusui karena adanya pengaruh dari hormon.
  6. Bagi kondisi psokologi ibu sendiri adalah semakin mendekatkan hubungan antara ibu dengan sang anak.
Mengingat pentingnya pemberian ASI dan manfaat menyusui ASI ini bagi kesehatan bayi dan anak-anak khususnya adalah sebelum berumur 2 tahun, maka alangkah bijaksananya dan baiknya bila seorang ibu senantiasa memberikan ASI nya kepada bayi dan juga anak-anaknya.


0 comments em “Manfaat Menyusui Bagi Ibu”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger