Warung Bebas

Saturday 11 February 2012

Kateterisasi Jantung

Kateterisasi Jantung.Minggu ini kita akan melanjutkan postingan kemarin-kemarin di Sehat Kita Semua mengenai askep kateterisasi.kalau kemarin adalah membahas dari sisi keperawatannya, maka hari ini kita akan berbagi hal yang umum saja agar lebih mudah dimengerti karena banyaknya komentar sobat-sobat yang kurang memahami kosakata kesehatannya.Mudah-mudahan melalui kateterisasi jantung ini akan lebih mudah dipahami.Dan semoga postingan mengenal kateterisasi jantung ini dapat bermanfaat sobat.

Kateterisasi Jantung adalah merupakan prosedur diagnostik untuk melihat kelainan jantung, meliputi dari kelainan anatomi jantung, penyempitan / sumbatan pembuluh darah koroner, gangguan fungsi jantung dan sebagainya.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan terpenting untuk mendeteksi penyakit jantung koroner serta untuk tindak lanjut seperti balonisasi dengan atau pun tanpa stent, atau operasi bedah jantung pintas koroner.Pemeriksaan ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi penyakit katub jantung dan kelainan jantung bawaan lainnya.

mengenal kateterisasi jantung,kateterisasi jantung, sehat kita semua,koronary angiografi

Persiapan Kateterisasi Jantung.
Secara umum persiapan sebelum Kateterisasi Jantung adalah sebagai berikut :
  • Pemeriksaan laboratorium
  • pemeriksaan EKG
  • Uji latih beban (Treadmill)
  • Foto dada ( Rontgen Dada )
  • Puasa makan 4 - 6 jam sebelum tindakan, minum obat seperti biasa.
  • Mendapat penjelasan tentang prosedur tindakan
  • Diminta untuk menandatangi persetujuan tindakan (inform consent)
  • Dicukur pada daerah mana kateter akan dimasukkan
  • Dipasang infus di lengan / tungkai kiri

Prosedur Tindakan
Tindakan kateterisasi jantung dilakukan dengan cara memasukkan kateter dengan diameter 1,5 - 2,0 mm menuju jantung melalui tusukan pada arteri di daerah lengan atau pangkal paha dengan menggunakan anestesi lokal dan memasukkan zat kontras kedalamnya.Sehingga sepanjang tindakan ini dilakukan pasien dalam keadaan yang sadar.

Dan tindakan ini bisa dilakukan di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa tengah.Yah sedikit promosi kan tidak apa-apa sobat....Demikian tadi sobat sedikit mengenai Kateterisasi Jantung.Dan semoga postingan kateterisasi jantung bisa bermanfaat

0 comments em “Kateterisasi Jantung”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger