Warung Bebas

Monday 16 April 2012

Jenis Penyakit Jantung

Jenis Penyakit Jantung.Penyakit Jantung di Indonesia ini termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak menimbulkan kematian.Angkanya dalam setiap tahunnya meningkat.Hal ini dirasakan saya sendiri yang berdinas di ruangan perawatan jantung.Pasien semakin bertambah.Nah kali ini kita akan mencoba berbagi sedikit mengenai jenis penyakit jantung ini di Sehat Kita Semua ini.

jenis penyakit jantung,penyekit jantung,Sehat Kita Semua

Sebenarnya penyakit jantung itu beragam sekali macamnya.Yang dibagikan Sehat Kita Semua ini hanyalah beberapa jenis penyakit jantung yang banyak di rawat di tempat mengabdi saya sebagai seorang perawat :
  1. Infark Miokard Akut.Penyakit jantung inilah yang paling banyak membunuh dari sekian banyak pasien jantung.Proses penyakitnya berjalan dengan sangat cepat dan juga membutuhkan pertolongan dengan segera.Infark Miokard Akut ini secara mudahnya adalah kematian dari otot jantung karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner.Karena adanya penyumbatan ini, maka pembuluh darah koroner yang berperanan besar dalam menyuplai darah dan oksigen akan mengalami kerusakan bahkan sampai kematian mendadak.Diagnosa dan pengobatan yang tepat dapat menyelamatkan pasien dari kematian.
  2. Gagal Jantung Kongestif / CHF.Yang dimaksud dengan gagal jantung kongestif adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh.Padahal fungsi jantung diantaranya yaitu fungsi memompa darah ke seluruh tubuh.Dengan adanya kegagalan ini maka tubuh tidak tersuplai darah dengan baik.
  3. Aterosklerosis adalah penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak (berupa lemak dan kolesterol) sehingga menghambat serta menyumbat pasokan darah ke sel-sel otot. Aterosklerosis dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Bila terjadi pada dinding arteri jantung, maka disebut penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik.
  4. Penyakit Jantung Rematik.Penyakit jantung rematik adalah penyakit jantung yang terfokus pada kerusakan pada katup jantung karena demam rematik, yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.
  5. Penyakit Katup Jantung.Jenis penyakit jantung ini sesuai dengan namanya penyakit ini menyerang pada katub jantung, sedangkan katup jantung itu mempunyai fungsi dalam mengendalikan aliran darah dalam ruang-ruang jantung.Kelainan katup jantung yang dapat mengganggu aliran tersebut, antara lain karena pengecilan (stenosis), kebocoran (regurgitasi), atau tidak menutup sempurna (prolaps). Kelainan katup dapat terjadi sebagai bawaan lahir maupun karena infeksi.
Demikian tadi sobat sedikit tentang beberapa jenis penyakit jantung dan mungkin lain kali dalam postingan tersendiri juga akan diposting jenis penyakit jantung lainnya dan semoga bermanfaat sobat-sobat semuanya.

0 comments em “Jenis Penyakit Jantung”

Post a Comment

 

Kesehatan untuk semua Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger